Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Barang Konsumen Non-Primer (Consumer Cyclicals) Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020)


  • Jurnal Nasional
  • Elba Damayanti1, Hendri Maulana2, Maria Lusiana Yulianti3 , Deden Komar Priatna4
  • Jurnal Humaniora, Ekonomi Syariah Dan Muamalah (JHESM) Vol. 1, No.1, e-ISSN: 2964-6057, p-ISSN: 2964-6065

Abstrak

Abstrak: Setiap perusahaan dalam menjalan usahanya membutuhkan dana untuk membiayai kegiaan operasioanl perusahaan. Beberapa sumber dana dapat dipilih atau digunakan perusahaan dalam memenuhi kebutuhan modal perusahaan. Manajemen sebagai pengelola perusahaan dalam menentukan sumber-sumber pendanaan harus menganalisis seberapa komposisi hutang dan modal sendiri yang digunakan dalam menggali sumber dana. Komposisi pendanaan yang optimal dapat diperoleh dengan menggunakan alat analisis struktur modal. Nilai perusahaan memiliki pengaruh besar terhadap keputusan investasi para investor, karena nilai perusahaan dapat mencerminkan kestabilan keuangan dan tingkat resiko yang dihadapi perusahaan. Investor cenderung memilih perusahaan yang memiliki nilai perusahaan yang tinggi karena perusahaan tersebut memiliki prospek yang baik dimasa yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strukur modal dan nilai perusahaan serta seberapa besar pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan pada sektor barang konsumen non-primer (consumer cyclicals) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan tahun 2020 dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur modal memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Perbedaan penelitian dengan penelitian sebelumnya adalah pada objek, populasi dan sampel penelitian, periode penelitian, alat ukur dan hasil penelitian. Kata Kunci: Strukur Modal, Nilai Perusahaan, Sektor Barang Konsumen Non-Primer

Lihat Dokumen