Repository
Universitas Winaya Mukti


Penelitian Dosen

Penelitian atau Publikasi Karya Ilmiah Dosen



Peranan Informasi Pemasaran Di Dalam Pengelolaan Perusahaan

  • Kategori : Jurnal Nasional
  • Penulis : Euis Dasipah
  • Identitas : PERCIKAN Vol. 55, Juni 2005, Hal. 32-37, ISSN 0854-8986
  • Abstrak :

    Informasi pemasaran merupakan elemen kritis dalam pemasaran yang efektif, karena kecenderungan yang semakin meningkat dari pemasaran lokal ke skala nasional dan bahkan ke skala internasional, juga transisi dari kebutuhan pembeli ke keinginan pembeli dan transisi dari persaingan harga ke persaingan non harga. Sistem informasi pemasaran yang direncanakan dengan matang akan terdiri dari 4 subsistem: 1) sistem pelaporan intern yang menyediakan data terakhir mengenai penjualan, biaya, persediaan, arus kas dan utang piutang, 2) sistem intelijen pemasaran yang menyiapkan bagi eksekutif pemasaran informasi harian mengenai perkembangan dunia pemasaran ekstern, 3) riset permasaran yang mencangkup kegiatan menghimpun informasi yang relevan bagi masalah pemasaran tertentu yang sedang dihadapi oleh perusahaan, 4) sistem pemasaran analitis yang terdiri dari prosedur statistik yang sudah mapan dan momdel untuk mengembangkan penemuan-penemuan yang lebih cermat lagi. Pentingnya informasi pemasaran didalam mengelola bidang pemasaran suatu perusahaan, maka setiap manajer pemasran, harus mampu mengelola informasi pemasaran yang dibutuhkannya. Dengan demikian para manajer pemasaran harus mampu memahami konsep dan peranan sistem informasi pemasaran. MPO Slot

Preview