Pengaruh Kinerja Elemen Produk Dan Kelompok Referensi Terhadap Citra Merk Dan Kecenderungan Harga Jual Serta Implikasinya Pada Keputusan Pembelian Pelanggan (Suatu Studi Pada Pembeli Produk Telepon S elular Merk Lokal Di Kota Bandung) , 2010


  • Penelitian Tidak Dipublikasikan
  • Dodon T Tarmidi
  • Paper Penelitian

Abstrak

Pengaruh Kinerja Elemen Produk Dan Kelompok Referensi Terhadap Citra Merk Dan Kecenderungan Harga Jual Serta Implikasinya Pada Keputusan Pembelian Pelanggan (Suatu Studi Pada Pembeli Produk Telepon S elular Merk Lokal Di Kota Bandung) , 2010, 1 Pertumbuhan ekonomi Indonesia termasuk dikategorikan sebagai pertumbuhan yang incredible (mencengangkan). Ini bisa dilihat dari pendapatan penduduk indonesia meningkat lima kali lipat sejak krisis ekonomi tahun 1997. Gejala tersebut direspon oleh perusahaan-perusahaan Telepon selular untuk menjual berbagai jenis telepon selular bermerk lokal. Dalam penyusunan tesis ini dipergunakan model persamaan terstuktur (Stuctural Equation Modelling/SEM) dengan menggunakan program Lisrel, yaitu untuk mengetahui keterhubungan variabel pengambilan keputusan pembelian handphone. Juga penulis menggunakan program SPSS-17, untuk menghitung model persamaan ANOVA. Dari hasil penelitian tersebut diketahui sebagai hal berikut ini. 1. Dari hasil olahan terhadap preferensi pembeli, kinerja Elemen produk dan kelompok referensi berpengaruh terhadap kecenderungan harga jual sebesar 19,4%, 2. Kinerja Elemen produk dan kelompok referensi berpengaruh terhadap citra merek sebesa 10,9%, namun apabila dilihat secara parsial, maka kinerja Elemen produk dominan mempengaruhi citra merek daripada kelompok referensi. 3. Kinerja Elemen produk dan kelompok referensi berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 18,8% 4. Kecenderungan harga jual dan citra merek handphone berpengaruh terhadap keputusan pembelian handphone sebesar 21,3% 5. Terdapat hubungan antara kecenderungan harga jual dengan citra merek handphone, walaupun signifikan, tetapi relatif kecil, yaitu sebesar 5,5% 6. Terdapat hubungan antara kinerja Elemen produk dengan kelompok referensi, namun hubungannya relatif kurang erat yaitu sebesar 4,9%, artinya terdapat faktor lain yang memiliki hubungan yang erat dengan kelompok referensi. Dengan hasil penelitian ini dapat dikembangkan pula penelitian lanjutan baik diperluas ataupun diperdalam pada aspek lain, seperti dasar pemilihan lokasi penjualan telepon selular, kecenderungan tumbuhnya merk baru lainnya, atau bauran lainnya diluar 4P. Kata Kunci : Elemen Produk, Kelompok Referensi, Citra Merk, Kecenderungan Harga Jual, Keputusan Pembelian Pelanggan.

Lihat Dokumen