Repository
Universitas Winaya Mukti


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



MODEL IMPLEMENTASI KURIKULUM PADA SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF DI KOTA BANDUNG

  • Kategori : TA Mahasiswa
  • Penulis : Dede Suryana
  • Identitas : 4122.5.16.21.0320- MAGISTER MANAJEMEN
  • Abstrak :

    Sarjana Universitas Winaya Mukti Program Studi Magister Manajemen dibawah Bimbingan Bapak Dr. H. Nandan Limakrisna,Ir.,MM dan Bapak Deden Komar Priatna,ST.,S.IP.,MM.,CHRA Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran model implementasi kurikulum pada sekolah penyelenggara pendidikan inklusif terkait a) penyelarasan/modifikasi kurikulum bagi peserta didik berkebutuhan khusus, b) pelaksanaan pembelajaran, c) dampak, d) respon orang tua peserta didik, dan e) faktor pendukung serta penghambat penyelenggaraan pendidikan inklusif. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif, dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 206 Putraco Indah sebagai sekolah penyelenggaran pendidikan inklusif di Kota Bandung. Peneliti menggali data menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumen.Responden sebanyak 7 responden Validasi data dilakukan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini adalah a) sekolah telah menyelarasan kurikulum, dengan memodifikasi kurikulum sudah melakukan penyelarasan kurikulum dengan cara melakukan identifikasi dan assement, mengembangkan program pembelajaran individual-diskusi dengan orang tua, guru kelas, dan kepala sekolah. b) pelaksanaan pembelajaran di sekolah ini telah melakukan penyesuaian pada pemberian materi dan evaluasi hasil belajar.c) penyelenggaraan pendidikan inkusif memiliki dampak positif bagi seluruh peserta didik. d) orang tua memberikan respon positif dan dukungan bagi pendidikan inklusif. e) faktor yang mendukung pendidikan inklusif adalah kebijakan sebagai dasar, dukungan pemimpin, rekan sejawat, orang tua peserta didik, dan sumber daya manusia yang kompeten. Faktor penghambat adalah kebijakan yang masih belum dipahami sepenuhnya, kurangnya dana, dan kurangnya jumlah guru pendamping khusus. Kata Kunci: Pendidikan inklusif, , modifikasi kurikulum.

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional