Repository
Universitas Winaya Mukti


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



Strategi pengembangan Agroindustri Kecap Segi Tiga

  • Kategori : TA Mahasiswa
  • Penulis : Fauzan Candika Putra Putra
  • Identitas : 4122.1.15.12.0009 - Agribisnis
  • Abstrak :

    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Faktor-Faktor lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi pengembangan usaha, strategi yang dapat di terapkan dalam pengembangan usaha kecap di Perusahaan Segi Tiga, Strategi yang menjadi prioritas dalam pengembangan usaha kecap di Perusahaan Segi Tiga, Strategi apa yang menjadi prioritas dalam pengembangan usaha kecap di Perusahaan Segi Tiga. Berdasarkan analisis lingkungan usaha, lingkungan Segi Tiga terbagi menjadi lingkungan internal dan eksternal. Lingkungan internal Segi Tiga terdiri dari kekuatan dan kelemahan. Kekuatan utama yang dimiliki Segi Tiga yaitu produk bersetifikat halal dan memilki mutu yang relative baik. Kelemahan utama Segi Tiga adalah kecenderungan bahan baku yang meningkat. Sedangkan pada lingkungan eksternal faktor yang menjadi peluang adalah permintaan produk yang meningkat dan faktor yang menjdai ancaman utama bagi usaha Segi Tiga adalah persaingan industry kecap yang cukup tinggi. Berdasarkan hasil analisis IFE, EFE, matriks 1-E dan SWOT, maka diperoleh delapan alternatif strategi pengembangan usaha bagi Segi Tiga. Berdasarkan anlisis matriks QSP, urutan prioritas strategi pengembangan usaha bagi Segi Tiga adalah sebagai berikut: 1) merekrut manajer professional, 2) meningkatkan kapasitas produksi melalui kerjasama dengan pemasok kedelai untuk memenuhi permintaan, 3) mempertahankan harga jual produk dan terus berupaya meningkatkan mutu produk, 5) meningkatkan pelayanan kepada pelanggan (distributor), 6) menciptakan diferensiasi produk, 7) melakukan promosi secara intensif, dan 8) memperluas wilayah pemasaran. Nilai tambah yang diperoleh pengusaha agroindustri kecap “Segi Tiga” yang berada di Desa Tonjong Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka yaitu sebesar Rp 199.923,28 per kilogram dengan total produksi kecap sebanyak 1.000 liter dalam satu kali proses produksi. Kata kunci: analisis strategi, pengembangan usaha, Kecap segi tiga

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional