Repository
Universitas Winaya Mukti


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



Analisis Transmisi Harga dan Efisiensi Pemasaran Bawang Merah (Allium cepa var Aggregatum)

  • Kategori : TA Mahasiswa
  • Penulis : Igit Trisnayu Oktaviani
  • Identitas : 4122.1.16.12.0032 - Agribisnis
  • Abstrak :

    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui saluran pemasaran, transmisi harga yang terjadi pada pemasaran bawang merah, efisien pemasaran dan struktur pasar dari bawang merah di Desa Sukamanah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Unit analisisnya yaitu petani, pedagang pengepul/bandar dan pedagang pengecer. Teknik penentuan responden dilakukan dengan cara purposive sampling. Jumlah responden yang diteliti sebanyak 25 orang terdiri dari 10 orang petani, 5 orang pedagang pengepul/bandar dan 10 orang pedagang pengecer. Hasil penelitian menunjukan bahwa lembaga pemasaran bawang merah yang ada di lokasi penelitian terdiri dari petani, pedagang pengepul/bandar dan pedagang pengecer. Harga jual bawang merah dari produsen (Hp) adalah sebesar Rp 16.400,-/kg dan harga jual dari pedagang pengecer (He) adalah sebesar Rp 30.300,-/kg. Transmisi harga yang terjadi pada pemasaran bawang merah ini diperoleh adalah sebesar 1,52 ini menunjukan bahwa pada setiap kenaikan harga 1% di tingkat pengecer, maka akan mengakibatkan terjadinya kenaikan harga sebesar 1,52% di tingkat petani. Serta Farmer’s Share yang diperoleh adalah sebesar 54,13%. Struktur pasar bawang merah termasuk kepada pasar Persaingan. Diperoleh koefisien fungsi harga pemasaran di tingkat petani dan pedagang pengepul sebesar 0.881, hal ini menunjukan nilai bi mendekati 1 yang berarti antara harga penawaran di pengepul dan di petani memiliki kekuatan yang hampir sama. Kata Kunci : Analisis Transmisi, Efisiensi Pemasaran, Struktur Pasar

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional