Repository
Universitas Winaya Mukti


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



Nilai Tambah Industri Tempe Dan Strategi Pengembangannya (Studi Kasus Di Usaha Home Industri Tempe Bapak Syam Desa Sirnajaya Kecamatan Tarogong Kaler Kab Garut)

  • Kategori : TA Mahasiswa
  • Penulis : Moch Habib Abdilah
  • Identitas : 4122.1.16.12.0006 - Agribisnis
  • Abstrak :

    Moch Habib Abdilah 2020, Skripsi ini berjudul Nilai Tambah Industri Tempe Dan Strategi Pengembangannya (Studi Kasus Di Usaha Home Industri Tempe Bapak Syam Desa Sirnajaya Kecamatan Tarogong Kaler Kab Garut) Dibawah Bimbingan Karyana dan Ana Yohana Tempe merupakan makanan berbahan baku kedelai yang mengalami proses fermentasi dan sering dikonsumsi dari berbagai kalangan masyarakat sebagai makanan pendamping nasi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sistim pengolahan usaha industri tempe, untuk mengetahui berapa nilai tambah yang diperoleh dari pengolahan kedelai menjadi tempe, dan untuk mengetahui strategi pengembangan usaha industri tempe. Analisis data yang digunakan adalah metode Deskriftif studi kasus. Tingginya permintaan pasar akan produk tempe menjadikan peluang bagi para pengusaha. Salah satunya yaitu Bapak Syam yang membuka usaha home industri tempe yang terletak di Desa Sirnajaya Kecamatan Tarogong Kaler Kabupaten Garut. Proses produksi yang dilakukan home industri ini masih secara tradisional. Pemasaran yang Bapak Syam lakukan yaitu dengan cara menjual ke masyarakat sekitar dan lebih banyaknya hasil olahan dijual ke pasar. Hasil penelitian nilai tambah usaha tempe yaitu Rp. 5.136/kg. Dan untuk imbalan nilai tambah para tenaga yaitu Rp. 1.489/kg. Sedangkan untuk metode pengembangannya menunjukan bahwa faktor internal (kekuatandan kelemahan) perusahaan mencapai -0,41 , faktor eksternal (peluang dan ancaman) perusahaan mencapai 0,43. Strategi yang perlu diterapkan adalah strategi W-O (Weaknessis-Opportunity). Fokus strategi ini adalah bertujuan untuk memperbaiki kelemahan internal dengan memanfaatkan peluang eksternal. Untuk memperoleh pendapatan yang lebih tinggi, maka usaha ini harus meningkatkan produksi, serta mengoptimalkan penjualan dengan memanfaatkan media social sebagai sarana produksi. Kata kunci : strategi pengembangan , nilai tambah, tempeMoch Habib Abdilah

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional