![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
Pengaruh Teknologi Budidaya Dan Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Usahatani Vanili (Vanilla planifolia) (Suatu Kasus Pada Petani Vanili di Kecamatan Surian Kabupaten Sumedang)
- Kategori : TA Mahasiswa
- Penulis : Zenni Muryaman
- Identitas : 4122.5.19.41.0038 - Magister Agribisnis
- Abstrak :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis korelasi antara teknologi budidaya dengan strategi pemasaran, pengaruh teknologi budidaya dan strategi pemasaran, terhadap perkembangan usaha tani vanili, pengaruh teknologi pemasaran terhadap perkembangan usahatani vanili, dan pengaruh strategi pemasaran terhadap perkembangan usahatani vanili. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan unit analisisnya adalah petani vanili yang tergabung dalam kelompok tani di Kecamatan Surian Kabupaten Sumedang periode tahun 2020. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara sensus terhadap sampel petani vanili yang berjumlah 70 orang. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif analitik, dan menggunakan Path Analysis dari output regresi Program SPSS Versi 21 untuk pengujian hipotesisnya. Hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi antara variable Teknologi Budidaya dan Strategi Pemasaran sebesar 0, 822 (82.2%), pengaruh stimultan F hit = 24.055 lebih besar dari F table = 3,13 dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, pengaruh parsial variabel X1 dengan thitung = 2,087 lebih besar dari ttabel=1.99601, dan variabel X2 dengan thitung = 2,049 lebih besar dari ttabel=1.99601. Persamaan strukturalnya : Y = 0,342 X1 + 0,336 X2 + Є. Hal ini menunjukan bahwa terdapat korelasi positif antara teknologi budidaya terhadap strategi pemasaran. Semakin tinggi teknologi budidaya, maka semakin tinggi pula strategi pemasaran. Teknologi budidaya dan Strategi pemasaran berpengaruh terhadap perkembangan usahatani vanili. Semakin tinggi teknologi budidaya dan strategi pemasaran, maka akan perkembangan usahatani vanili, Teknologi Budidaya berpengaruh terhadap perkembangan usahatani vanili. Semakin tinggi Teknologi budidaya maka semakin tinggi pula perkembangan usahatani vanili; Strategi pemasaran berpengaruh terhadap perkembangan usahatani vanili. Semakin tinggi Strategi pemasaran maka semakin memperbesar peluang perkembangan usahatani vanili. Kata kunci : teknologi budidaya, strategi pemasaran, perkembangan usaha tani.