Repository
Universitas Winaya Mukti


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (eWOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (MENGINAP) PADA GRAND TJOKRO HOTEL BANDUNG

  • Kategori : TA Mahasiswa
  • Penulis : Lety Latifah
  • Identitas : 4122415110153 -MANAJEMEN
  • Abstrak :

    Lety Latifah, 4122.4.15.11.0153 Judul “Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Keputusan Pembelian (Menginap) Pada Grand Tjokro Hotel Bandung”. Pembimbing Bapak Drs Rohyan Sosiadi, Dipl.Hot, M.Pd. Salah satu manfaat dengan adanya perkembangan internet adalah membantu perusahaan dalam memasarkan produk, meningkatkan brand image serta meningkatkan penjualan. Selain itu internet juga menjadi salah satu faktor berkembangnya word of mouth. Perkembangan internet juga membawa bentuk baru WOM menjadi electronic word of mouth (eWOM). Menurut Hennig-Thurau (2004), eWOM adalah segala pernyataan baik atau buruk yang terbentuk dari potensi, kenyataan, atau pengalaman sebagai pelanggan dari sebuah produk atau perusahaan, yang dibuat tersedia untuk banyak orang dan lembaga melalui internet. Pengalaman wisatawan yang diulas di eWOM akan menimbulkan minat bagi wisatawan lain yang membacanya. Salah satu bentuk dari eWOM yaitu reputation online yang memiliki peran sebagai situs online review(traveloka, booking.com, pegi pegi, trip advisor) yang sangat populer dengan menampilkan review atau ulasan dari wisatawan dan dapat dibaca oleh wisatawan lain. Dalam penelitian ini, penulis ingin melihat bagaimana eWOM ini memperngaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik analisis data yaitu statistik deskriptif dan regresi linear sederhana. Teknik sampling yang digunakan yaitu non probibility sampling. Dari hasil penelitian yang didapatkan dari penyebaran kuesioner kepada 100 responden, menunjukkan bahwa keputusan pembelian tamu menginap dapat dipengaruhi electronic word of mouth (eWOM) sebesar 33,2% dan 66,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Diharapkan Grand Tjokro Hotel Bandung dapat lebih mengenalkan fasilitas dan pelayanannya kepada tamu dan menjaga hubungan yang konsisten pasca menginap agar kembali dapat menginap di Grand Tjokro Bandung Kata Kunci: Electronic Word of Mouth (eWOM), keputusan pembelian

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional